img

KENALI DIET SEHAT UNTUK PENDERITA KOLESTEROL

Berbagai cara diet tentu saja di lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengatur pola makan dengan baik dan benar tentu saja di lakukan bagi siapa saja. Pada dasarnya tubuh memang membutuhkan kolesterol. Namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi tentunya tidak baik untuk tubuh juga. Jika mengalami kelebihan kolesterol dalam darah, tentu saja akan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Maka dari itu mencegah sebelum mengobati tentu saja perlu di lakukan. Agar kita hidup sehat dan terhindar dari kolesterol jahat dalam darah.

Makanan Apa Saja Yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol?

Tingginya kadar kolesterol dalam darah sebenarnya bisa di kendalikan dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman. Adapun beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah:

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau layaknya bayam dan kangkung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dimana kandungan antioksidan yang ada dalam sayuran hijau dapat mengikat asam empedu yang di buat dari kolesterol. Hal ini mampu mencegah terkumulasinya kolesterol di dalam darah.

  • Kacang-kacangan

Makanan ini juga membantu menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan fitosterol di dalamnya yang dapat membantu menghambat penyerapan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

  • Pisang

Kandungan zat inulin pada pisang juga dapat mengurangi kolesterol dari makanan yang sudah anda konsumsi. Tentu hal ini dapat membantu anda mengendalikan kadar kolesterol yang tinggi.

  • Poat

Makanan yang di buat dari gandum ini memiliki kandungan beta glucan. Manfaat yang bisa di dapatkan pun tentu saja lebih baik karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Bahkan bisa membantu juga dalam mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang sudah kita konsumsi.

  • The hijau

Minuman herbal yang tentunya tidak perlu kita ragukan lagi adalah mengkonsumsi the hijau. Dimana minuman ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kandungan katekin dalam the hijau mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

  • Susu kedelai

Kemudian minuman lain yang bisa kita jadikan sebagai penurun kolesterol adalah the susu kedelai. Kandungan isoflavon yang berguna dalam membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Bahkan tidak hanya susu kedelai saja. Semua makanan olahan kacang kedelai juga memiliki kandungan iso flavon yang tinggi.

  • Makanan lemak tak jenuh

Tubuh memang membutuhkan kolesterol namun bukan secara berlebih. Jadi meski anda sedang diet untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Anda pun tetap harus mengkonsumsi makanan berlemak. Hanya saja makanan yang di butuhkan haruslah dengan lemak tak jenuh. Makanan yang bisa anda konsumsi seperti alpukat, kacang-kacangan. Dimana lemak ini di ketahui sehat untuk jantung sehingga memiliki manfaat banyak ketika kita makan secara teratur.

  • Hindari lemak trans buatan

Dalam menurunkan kadar kolesterol, tentu saja kamu harus menghindari konsumsi lemak buatan. Nah lemak ini sering kita temukan pada daging merah. Makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan LDL. Nah selain itu juga ber-risiko terkena penyakit jantung sebesar 243%

Nah salah satu cara untuk memastikan kolesterol selalu terkontrol, maka lakukan test kolesterol secara berkala sesuai dengan anjuran dari dokter. Melakukan pola hidup sehat pun tentu saja perlu di lakukan. Terlebih bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini sangat penting untuk di lakukan.